Persaiangan dunia kerja diera globalisasi ini semakin ketat, tak kala perebutan dan persaingan pekerjaanpun terjadi. Kompetensi dan keahlian yang dimiliki oleh seseorang akan begitu bermanfaat sebagai modal dalam mencari pekerjaan, dengan bersaingnya kompetensi yang dimiliki tentunya akan meningkatkan hasil kinerja yang dihasilkan oleh tenaga ahli dalam menawarkan keahlianya dalam dunia kerja.
Tenaga ahli ini diciptakan dari sebuah rangkaian pendidikan dan pelatihan yang memakan waktu begitu lama, begitu pula seperti seorang mahasiswa teknologi pendidikan yang dididik dan dilatih agar memiliki kompetensi dalam bidang teknologi pendidikan yang nantinya digunakan sebagai modal dalam mencari pekerjaan.
Kebanyakan dan anggapan masyarakat bahwa teknologi pendidikan hanya mempunyai peluang kerja dibidang guru TIK dan dibidang kurikulum saja. Namun pada proses rangkaian pendidikan yang ditempuh para mahasiswa ini mereka diberi berbagai kompetensi untuk menyesuaikan dengan tuntutan kemajuan teknologi dan jaman yang semakin maju.
Sedangkan menurut AECT (1994), keprofesian Tp meliputi :
Teknologi pendidikan juga telah memenuhi beberapa persyaratan dalam bersaing dalam dunia kerja, persyaratan yang telah dipenuhi oleh seorang teknologi pendidikan adalah sebagai berikut:
- · Pelatihan dan Sertifikasi
- · Publikasi Ilmiah
- · Kepemimpinan
- · Asosiasi Profesi
- · Pengakuan Masyarakat
- · Kode Etik
Kompetensi yang diperoleh semasa menjalani pendidikan, kita sebagai masyakat teknologi pendidikan mempunyai kompetensi dalam merancang dan mengembangkan model pembelajaran, dari sini kita dapat memperoleh peluang kerja dalam menciptkan dan menjual strategi belajar yang kita buat dalam bentuk mpi dan strategi belajar, tak hanya itu kita juga memiliki kompetensi dalam membuat sebuah bimbingan belajar dimana didalamnya begitu kompleks dalam melaksanakan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan siswa, kompleksnya kebutuhan itu tidaklah terlalu sulit untuk kita lulusan teknologi pendidikan, ini merupakan salah satu peluang bisnis didunia pendidikan yang begitu menggiyurkan bagi lulusan teknologi pendidikan.
Kompetensi yang dimiliki oleh lulusan teknologi pendidikan juga mengacu pada penciptaan pendidikan model sistem belajar terbuka dan jarak jauh, disini kita akan menciptakan sebuah model belajara terbuka dan jarak jauh dimana peserta didik dan pengajar tidak harus bertatap muka dan bertemu langsung tetapi dengan bantuan kompetensi lulusan teknologi pendidikan dalam mencipakan sarana dan prasara yang memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar.
Menciptakan modul dan e learning juga menjadi peluang usaha bagi lulusan teknologi pendidikan, mengadakan pelatihan dan menjual modul merupakan peluang yang bagus dalam mencari profesi, menjadi seorang pembicara dalam sebuah seminar merupakan kompetensi yang dimiliki oleh kawasan teknologi pendidikan. Membuat elearning adalah bidang garapan teknologi pendidikan yang dapat dimanfaatkan dalam mengembangkan metode pembelajaran modern yang dapat disematkan dalam smartphone anak-anak sekarang ini, seperti pada android program e learning dalam diterapkan dan memiliki nilai jual yang tinggi.
Kompetensi yang dimiliki teknologi pendidikan selanjutnya adalah broadcasting yaitu sebuah kompetensi yang mengarah pada dunia broadcast yang didalamnya mencakup jurnalistik, pengembangan video pembelajaran dan radio pembelajaran, dari sini kita mempunyai kompetensi untuk mengembangkan diri dalam dunia jurnalisti untuk menjadi seorang penulis, dimana kita dapat menjadi seorang reporter dalam sebuah acara televisi lokal maupun nasional. Dalam pengembangan radio dan video kita dapat membuka sebuah rumah produksi atau bekerja sama dengan sebuah rumah produksi ternama dalam menciptakan sebuah saluran/siaran radio pendidikan yang disiarkan secara umum, selain itu juga menjadi produser dalam pembuatan video pendidikan sebagai produk akhir yang menjadi produk bernilai jual sebagai peluang usaha atau membuat sebuah film berskala lokal atau nasional yang bersaing dengan rumah produksi lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar